Waralaba
Perkembangan bisnis waralaba (franchise) di Indonesia sangat mengesankan. Ini tercermin dari semakin banyaknya jumlah pewaralaba (franchisor) asing maupun lokal yang ikut mengembangkan bisnis yang saling menguntungkan ini.

Menurut “the International Franchise Association”, seperti yang kami kutip dari buku “Franchise Manual” yang diterbitkan IFBM, “Waralaba (franchise) adalah suatu relasi berkesinambungan di mana pewaralaba (franchisor) menyediakan keistimewaan berlisensi untuk mengoperasikan bisnis, termasuk bantuan dalam pengorganisasian, pelatihan, penyediaan barang dagangan dan manajemen sebagai imbalan dari pembayaran yang diberikan terwaralaba (franchisee)”.

Dalam perkembangannya, bisnis waralaba digolongkan ke dalam dua jenis: Product-and-trade-name franchising dan Business Format Franchising. Jenis pertama lebih sering digunakan untuk memperluas usaha dengan cara memberikan lisensi kepada pihak lain untuk memasarkan suatu produk di teritorial yang disepakati. Sementara, jenis kedua, Business Format Franchising digunakan untuk memperluas usaha dan pemasaran dengan cara tidak hanya memberikan lisensi kepada pihak lain untuk membuat dan memasarkan suatu produk di teritorial yang telah disepakati, namun juga memberikan bantuan / konsultasi pengoperasian usaha.

Bagaimana dengan “Panorama World” sendiri? Panorama World secara jelas masuk ke jenis kedua – Business Format Franchising. Tidak sekedar memberikan lisensi atas penggunaan ‘brand’ dan penjualan produk dan jasa dari Panorama Tours, tapi kami juga memberikan berbagai konsultasi dan asistensi dalam berbagai aspek lain.
© 2008 Panorama World All Rights Reserved