Pertanyaan Yang Sering Muncul

About Franchisor & Fee:

Kapan usaha franchise ini mulai berdiri / di-franchise-kan?
2007, tapi ‘Franchisor’-nya (PT.Tirta Putra Wisata) telah beroperasi sejak 1972. (35 thn)

Mengapa Anda memutuskan untuk franchising?
Setelah mengalami pertumbuhan bisnis yg sangat signifikan, kami ingin memperluas jaringan dengan membangun suatu ‘partnership’ yg saling menguntungkan – yaitu melalui ‘franchising’. Ini juga saatnya bagi PW untuk berbagi “3P” dengan partners: Pengalaman – Pengetahuan (produk) – Profit.

Saat ini sdh ada berapa outlet franchisee? Dan lokasinya dimana saja?
Saat ini kami telah memiliki 28 outlet yg tersebar di berbagai lokasi. 12 outlet berada di JABODETABEK (Alam Sutra, BSD, Bintaro, Cibubur, Fatmawati, Green Garden, Jatiwaringin, Kelapa Gading, Muara Karang, Tebet, Wahid Hasyim, Sunter), 11 outlet berada di luar kota (Bandung-Buah Batu, Cihampelas, Cilegon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Lampung, Menado, Palembang, Solo, Medan), 5 outlet panorama Express (Bekasi, Bogor, Malang, Gorontalo, Palu). Dalam waktu dekat kami akan membuka beberapa outlet lagi, khususnya diluar JABODETABEK.

Apakah keunikan dan nilai lebih usaha Anda dibandingkan dengan pesaing Anda dari industri yang sama?
Jelas sangat berbeda. Kami sangat ‘integrated’ dan berpijak pada 4 pilar usaha. Di samping itu, tentu saja, ‘strong brand awareness’, ‘vast network’, ‘product support’ (Panorama Tour) & “HRD Support” from PLA.

Berapa besar investasi franchise PW?
Bervariasi berdasarkan lokasi kota

Bagaimana cara pembayaran Franchise fee, Royalty fee dan fee-fee lainnya?
Franchise fee dibayar dimuka, pada saat penanda-tangan MOU; Royalty fee dan marketing support fee dibayar secara bulanan.

Bagaimana cara pembayaran Franchise fee, Royalty fee dan fee-fee lainnya?
Franchise fee dibayar dimuka, pada saat penanda-tangan MOU; Royalty fee dan marketing support fee dibayar secara bulanan.

Apakah ada ‘refund’ jika kami berhenti sebagai ‘franchisee’ sebelum masa kontrak 5 tahun?
Franchise fee bersifat ‘unrefundable” atau tidak ada pengembalian apapun.

Berapa lama waktu yang diperlukan dari saat 'deal' franchise sampai saat beroperasi?
Perkiraan konstruksi Outlet sekitar 6-8 minggu. Secara paralel, pada saat konstruksi juga harus proses segala dokumen yang diperlukan untuk pengurusan Ijin Agen Perjalanan Wisata. Mengingat waktu proses dokumen kadang bisa lebih lama dari prediksi awal, maka secara umum, kami bisa perkirakan total waktu yang diperlukan antara 1.5 - 2 bulan.


About Franchisor Support:

Apa saja yang akan diperoleh calon Franchisee dari Franchisor?

12 Benefits and more! (lihat di 'marketing kit' atau hubungi kami untuk presentasi).
Ke-12 Benefits itu secara ringkas meliputi antara lain: Branding support, Products support, Marketing support, IT support dan HRD support.

Dalam hal SDM, kalau SDM tsb disiapkan oleh Panorama, apakah ada biaya transfer, dll?
Untuk setiap franchisee baru, Panorama akan 'supply' dua staf (Travel Consultant) lulusan PLA. Biaya pelatihan dll sudah termasuk dalam paket investasi franchisee.

Apakah ada program pelatihan? Berapa lama?
Pelatihan dasar sekitar 3 bulan untuk para calon staf (travel / tour consultant) dan juga ada beberapa pelatihan "product knowledge" secara berkala. Program pelatihan dilakukan oleh PLA (Panorama Learning Academy)

Dalam memberi bantuan/asistensi terus menerus, franchisee harus berhubungan dengan siapa dan bagian mana?
Dengan manajemen Panorama World - Franchise Sales & Distribution of Panorama Tours. Contact person: Tonny Syiariel (2556 5555 EXT 2141) dan Emil (2556 5555 EXT 2120)


About Location & Area Franchise:

Apakah ada bantuan dalam pemilihan lokasi dan peluncuran pembukaan Outlet?
Ya, kami akan memberikan beberapa opsi lokasi, tapi calon franchisee-lah yang harus menetapkan lokasi yang dipilihnya. Setelah ada tempat di lokasi yg dimaksud, maka kami akan lakukan survey dan berikan 'approval'.

Tentu saja. Kami akan membantu proses persiapan pembukaan Outlet sampai saatnya 'grand opening'. Di samping itu, kami juga akan mengirim minimal satu staf implementasi (full-time) untuk membantu pengoperasian outlet di dua minggu pertama.

Apakah ada batasan daerah kerja (territory) untuk franchisee?
Ada. Kami tentukan berdasarkan wilayah tertentu. Misalnya, di wilayah Kelapa Gading hanya boleh satu outlet PW. Dan seandainya, suatu saat kami akan menambah outlet ke-2 di wilayah pemasaran yang sama, maka prioritas pertama akan diberikan ke pemilik outlet yang ada disitu.

Di samping itu, bisa dikatakan bahwa kami juga hanya mengijinkan 1 (satu) outlet di 1 (satu) office building / mall / shopping center, dll.

Untuk lokasi di luar Jabodetabek, apakah franchisee bisa di-protect sebagai 'sole franchisee' di kota tsb?
Tergantung luas wilayah kota tersebut. Kalau ibukota propinsi seperti Bandung, Semarang atau Surabaya, maka kami tidak bisa menjanjikan sebagai 'sole franchisee', kecuali perjanjian itu adalah untuk 'area franchise'.

Bagaimana bisnis franchisee ini tdk berkembang sesuai dgn yg diharapkan (berhubungan dgn pemilihan lokasi)?
Advis mengenai lokasi dilakukan berdasarkan pertimbangan pengalaman dan keyakinan kami; tapi tetap tidak menghilangkan resiko usaha yg ada.


About Operations Aspects:

Apakah usaha ini mempunyai buku panduan SOP atau manual?
Ya, S.O.P. akan diberikan setelah ada konfirmasi untuk penandatangan kerja sama.

S.O.P ini sangat komprehensif dan meliputi hampir seluruh aspek penyelenggaraan bisnis biro perjalanan wisata – dari penjualan tiket, pembukuan paket wisata, pengurusan dokumen perjalanan sampai ke hal-hal details yang berhubungan dengan masalah-masalah dalam suatu perjalanan.

Apakah yang akan terjadi apabila saya menghadapi masalah operasional yang tidak mampu saya selesaikan? Bantuan apa yang akan saya dapatkan?
Franchisor akan membantu sebisanya dengan menggunakan ‘business channel’ yang telah ada sebisa mungkin, jika masalah tsb berhubungan dengan pihak principals (airlines).

Franchisor juga akan selalu membantu mencari solusi atau dengan kata lain, seperti kantor pusat yang membantu kantor cabang-nya mengatasi masalah-masalah secara bersama.

Apakah Anda menaikkan harga pada penjualan produk anda terhadap franchisee?
Tidak. Panorama dan unit-unit bisnis lainnya tidak menaikkan harga produknya kepada Franchisee. Harga yang diberikan adalah ‘net-net’ (ticketing) dan ‘commission based’ untuk produk tour. Perlakuan yang diberikan PW sama seperti Panorama tour terhadapa kantor-kantor cabangnya. Hal ini akan memungkinkan Franchisee tetap mempunyai daya saing di pasar.

Apakah Panorama akan membantu memberikan 'customer' kepada 'franchisee'? Sejauh mana Panorama bisa membantu mencarikan customer (marketing support)?
Panorama tidak akan memberikan pelanggan secara langsung, karena ini harus menjadi tanggung jawab setiap franchisee mengembangkan 'customer base' melalui jaringannya. Panorama hanya akan men-support di aspek operational, produk, pemasaran, dll.


About Financial Aspects:

Bagaimana prediksi dan perkiraan usaha ini mengenai tingkat penjualan, BEP dan ROI?
BEP diperhitungkan kembali pada tahun ke-3 beroperasi, dengan catatan semua target penjualan tercapai.

Bagaimana saya melakukan pelaporan keuangan?
Pembuatan laporan keuangan akan dibantu di awal outlet beroperasi; dan selanjutnya harus disiapkan staf masing-masing Outlet dan dikirimkan ke kami (franchisor).

Bagaimana perselisihan diselesaikan?
Musyawarah mufakat atau seperti yang tercantum dalam pasal-pasal perjanjian franchise.



© 2008 Panorama World All Rights Reserved